Cara Membuat Layar Laptop Tidak Mati Secara Otomatis

meetyourneighbours 0
Cara Membuat Layar Laptop Tidak Mati Secara Otomatis

Meetyourneighbours – Komputer laptop biasanya memiliki pengaturan daya yang baik untuk kinerja yang optimal. Misalnya, saat Anda tidak menggunakannya untuk beberapa saat, layar laptop akan mati tanpa mematikan mesin, untuk meminimalkan konsumsi daya. Untuk menyalakannya kembali, cukup seret mouse atau tekan tombol apa saja pada keyboard.

Laptop akan masuk ke mode tidur lebih lama. Dalam mode ini, laptop akan dinonaktifkan sementara sambil tetap menyimpan tugas Anda di RAM. Anda dapat menghidupkan kembali perangkat Anda (jika belum memasuki mode Hibernasi) dengan menekan tombol daya atau salah satu tombol pada papan tombol, lalu masuk ke akun Anda.

Lantas, apakah layar laptop bisa menyala sepanjang waktu? Tentu saja saya bisa. Anda dapat mengubah pengaturan daya laptop sesuai kebutuhan. Misalnya, jika Anda mengunduh file yang sangat besar dan membutuhkan waktu lama untuk mengunduh, laptop harus dihidupkan agar proses unduhan dapat dilanjutkan.

Pembuatan layar laptop agar tidak mati bisa dilakukan secara manual melalui sistem atau dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah dua cara mudah untuk melakukan ini agar layar laptop tidak mati – yaitu, terus-menerus “menyala”.

1. Melalui panel kontrol

Cara pertama agar layar laptop Anda tetap menyala adalah dengan menyetel pengaturan daya baru. Anda dapat melakukannya melalui panel kontrol laptop Anda (khusus Windows). Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka Panel Kontrol> Perangkat Keras dan Suara> Opsi Daya, lalu pilih menu “Alihkan saat komputer dalam keadaan siaga”.
  2. Di setelan “Matikan layar” dan “Alihkan komputer ke mode tidur”, setel waktu ke “Tidak Pernah”.
  3. Kemudian klik “Simpan perubahan” untuk menyimpan pengaturan.
  4. Layar laptop Anda sekarang akan tetap menyala bahkan saat tidak digunakan.
  5. Sebagai informasi, menyetel “Layar mati” berarti menyetel waktu yang diperlukan untuk mematikan layar. Sementara itu, menyetel “Komputer ke mode tidur” berarti menyetel waktu yang dibutuhkan laptop untuk tidur.

Jika Anda memilih “Never” untuk kedua pengaturan, layar laptop Anda akan terus menyala dan sistem tidak akan masuk ke mode tidur meskipun tidak digunakan untuk waktu yang lama.

Anda dapat memulihkan pengaturan daya awal saat Anda menyelesaikan aktivitas yang membutuhkan layar yang terus menyala. Untuk melakukannya, cukup klik opsi “Pulihkan paket ini ke pengaturan default”.

2. Penggunaan aplikasi pihak ketiga

Selain melalui pengaturan sistem, Anda juga dapat menjaga layar laptop tetap hidup dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasinya adalah kafein.

Kafein bekerja dengan mensimulasikan menekan tombol F15 setiap 59 detik (disetel secara default setelah aplikasi mulai diluncurkan), sehingga sistem mengira Anda masih menggunakan komputer. Oleh karena itu, sistem tidak mengunci layar atau mengaktifkan screen saver.

Mengapa tombol F15? Dari semua tombol yang tersedia, F15 mungkin yang paling tidak mengganggu dan paling kecil kemungkinannya untuk mengganggu pekerjaan Anda. Namun, kafein dapat mengganggu beberapa aplikasi seperti video jeda PowerPoint di slide, aplikasi Google Docs / Sheets, dll.

Jika simulasi tombol F15 mengganggu pekerjaan Anda, Anda dapat mengkonfigurasi perintah “-use capitals -” agar aplikasi mensimulasikan tombol Shift alih-alih tombol F15.

Ikon kafein, yang terlihat seperti pembuat kopi, akan muncul di bilah alat untuk membantu Anda mengaturnya. Mengklik dua kali pada ikon akan menghapus salinan, yang berarti program untuk sementara dinonaktifkan. Klik dua kali lagi untuk mengisi ketel, yang berarti laptop Anda akan terus berjalan.

Nah, itulah dua cara Mabtekno.com agar layar laptop tidak mati dan mudah untuk di aplikasikan ke laptop kamu. Harap dicatat bahwa terus-menerus menghidupkan layar laptop dapat menghabiskan banyak daya. Selain itu, bukan tidak mungkin layar akan menemui masalah jika dipaksa terlalu sering menyala.