Desain Mimbar Masjid Yang Indah

meetyourneighbours 0
Desain Mimbar Masjid Yang Indah

Meetyourneighbours – Desain Masjid Mimbar yang indah dapat ditemukan pada masjid dan mushola di Indonesia. Bentuk berbeda dihiasi dengan berbagai ornamen menarik di area mimbar, yang membuat mata terasa nyaman.

Material untuk mimbar sebagian besar terbuat dari kayu dengan ornamen ukiran berbagai bentuk dan warna. Pola yang berbeda digunakan. Dari desain minimalis sederhana hingga ukiran artistik yang rumit. Secara umum, bentuk mimbar masjid yang tidak dikenal dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

Model minimalis

Pada tahun 2019, model ini menjadi model yang sangat populer. Mimbarnya sederhana namun elegan. Pasalnya, ukuran yang menempel di depan mimbar memberikan kesan mewah. Material yang digunakan adalah kayu jati yang terkenal dengan kekuatan dan keindahannya. Hanya dengan warna dasar vernis kayu, mimbar ini memberikan kesan berwibawa.

Model ukiran Jepara

Model yang satu ini, sesuai dengan namanya, dicirikan oleh besarnya ukuran model Jepara di seluruh wilayah. Dinding mimbar dihiasi dengan ukiran yang kuat dan dalam. Sebuah ukiran khas Jepar yang memang sudah terkenal. Motif ukiran tersebut dipadukan dengan aksara arab berkat kesan sakral yang terlihat dari mimbar. Mimbar yang terbuat dari mebel Jepara ini sangat terkenal di banyak tempat di tanah air karena keindahan dan kekuatannya yang tidak diragukan lagi.

Model mewah mimbar kubah

Dari namanya bisa dibayangkan model platform yang satu ini ditutupi oleh kubah yang mewah. Mimbar model ini berukuran lebih besar dari model mimbar biasa. Ini karena kubah membutuhkan penyangga yang kuat agar bisa berdiri tegak. Kubah yang menutupi mimbar ini dihiasi dengan berbagai ornamen berupa ukiran huruf arab dan kaligrafi bunga. Kemudian ia mendapat warna kuning keemasan, yang semakin mengedepankan kemewahan.

Jika Anda ingin menggunakan mimbar kaset ini, ada baiknya untuk memperhatikan ruang yang tersedia. Untuk membuat kesan cantik dan seimbang. Luas minimum mimbar sekitar 2 m dan lebar 270 cm untuk tempat tinggal. Jika kurang dari luas ini, sebaiknya pilih mimbar dengan model yang lebih kecil.

Platform depan marmer

Model mimbar masjid jati ini berisi model tanpa kubah. Ukuran mimbar ini lebih kecil dari pada mimbar berkubah, kurang lebih 100 cm x 80 cm. Tidak terlalu kecil, tapi cukup untuk ukuran mimbar standar. Modelnya masih dihiasi ukiran Jepar di bagian depan yang dipadukan dengan ornamen marmer yang tak diragukan lagi keindahannya. Untuk membuat model unik dan tidak dapat diperdagangkan.

Model mimbar Arab

Huruh bahasa Arab yang disusun dalam bentuk kaligrafi kemudian diukir pada kayu yang ditempelkan pada bagian depan dan samping mimbar. Buat mimbar terlihat cantik. Anda para pecinta kaligrafi Arab pasti paham dengan tingkat kesulitannya. Meskipun mimbar ini sederhana, namun cocok digunakan pada acara-acara resmi. Kemewahan terlihat pada grafik waktu yang diukir dan warna kuning keemasan pada setiap huruf. Anda juga bisa memesan ornamen huruf arab sesuai keinginan.

Jika Anda ingin mendapatkan platform yang sesuai dengan Anda, Anda perlu berdiskusi dengan majelis lain. Namun, jangan tergoda dengan harga murah jika mengecewakan seluruh anggota majelis. Padahal mungkin tidak bagus untuk beribadah, yang terpenting adalah keikhlasan dan keikhlasan. Tetapi jika Anda bisa melakukan yang terbaik, mengapa tidak? Seolah-olah Anda sedang mempersiapkan mimbar masjid yang megah untuk pertemuan ilmiah.

Model Desain Mimbar Masjid di atas dapat teman – teman jadikan referensi dalam pembuatan mimbar yang indah dan nyaman.