Kelebihan dan Kekurangan Kaos Sublimasi

meetyourneighbours 0
Kelebihan dan Kekurangan Kaos Sublimasi

Meetyourneighbours – Sablon pada kaos dengan cara yang praktis, mudah dan murah merupakan salah satu metode luhur sablon pada kaos yang akhir-akhir ini banyak diminati di dunia perdagangan. Diketahui bahwa sablon pada kaos merupakan salah satu peluang bisnis yang sudah memiliki pasar yang jelas. Kaos oblong merupakan pakaian yang tidak akan pernah habis dan hilang dari era popularitasnya. Setiap saat masyarakat masih memproduksi dan membeli kaos. Hal inilah yang tentunya akan memaksa Anda untuk membangun bisnis di bisnis kaos dan sablon juga.

Khusus untuk perusahaan sablon kaos, perlu mengetahui teknik sablon kaos apa saja yang tersedia. Saat memulai bisnis tentunya pilihan terbaik adalah memilih teknik yang praktis, mudah dan juga murah, seperti teknik yang luhur. Teknik sablon kaos yang menakjubkan ini adalah teknik mencetak pola pada kaos menggunakan printer inkjet yang luar biasa, kertas yang luar biasa dan mesin press.

Ada berbagai macam jenis teknik sablon, salah satunya adalah teknik sublimasi. Percetakan sublimasi atau transfer, yaitu mencetak dengan menggunakan kertas transfer pada media cetak atau kaos. Printer yang mampu mencetak kertas transfer besar harus digunakan untuk menghasilkan kemeja sublimasi. Kertas transfer ini bukan kertas biasa, melainkan kertas khusus seperti kertas sublimasi, inkjet, atau double matte. Dan tidak bisa langsung digunakan untuk cetak begitu saja, melainkan harus digulung terlebih dahulu pada suhu minimal 200 derajat Celcius ke atas kaos sebagai media cetak yang akan disublim. Lalu, apa keuntungan dan kerugian dari kaos yang menggunakan teknik sublimasi oleh jersey futsal printing ini?

Keunggulan Kaos Untuk Sablon Sublimasi

– Menghasilkan warna penuh

Teknik sublimasi menggunakan seluruh spektrum warna, sehingga warna yang dihasilkan bisa tidak terbatas. Oleh karena itu desain yang digunakan gratis dan tidak perlu khawatir jika desain menggunakan warna yang bukan warna dasar atau warna solid.

– Bisa custom dan dicetak penuh

Teknik sublimasi yang memungkinkan pelanggan memesan desain mereka sendiri. Ini karena prosesnya tidak memerlukan layar khusus untuk beradaptasi dengan desain yang elemennya telah berubah. Padahal, dengan print ini, design bisa diaplikasikan ke seluruh atau seluruh bagian print kaos.

– Tidak ada jumlah pesanan minimum

Terkadang dalam industri distro, pabrikan menggunakan jumlah minimum untuk memesan. Tetapi menggunakan teknik sublimasi tidak berlaku, karena kami mengerjakan mesin yang memungkinkan produksi dalam jumlah besar. Selain itu, biaya pesanan 1 atau 1.000 juga.

– Pemrosesan cepat

Proses pemakaian kaos sublimasi relatif cepat, karena pengerjaannya dilakukan secara manual bukan mesin. Selain itu proses pengeringannya juga cepat karena menggunakan mesin pres. Oleh karena itu, dimungkinkan untuk mencapai hasil bagi pelanggan pada hari yang sama.

Kekurangan Kaos Untuk Sablon Sublimasi

– Kualitas tergantung pada tinta dan kertas transfer

Karena menggunakan tinta dan kertas khusus maka kualitas hasil cetak pada kaos juga sangat bergantung padanya. Jika Anda memilih bahan yang salah, hasilnya mungkin tidak sebaik yang diharapkan.

– Biaya produksi lebih mahal

Tentu saja tinta khusus yang digunakan pada teknik ini berbeda dengan tinta yang digunakan pada teknik sablon lainnya yang harganya lebih mahal. Selain itu, sublimasi membutuhkan pemanasan dengan mesin khusus yang mengubah tinta menjadi uap untuk diserap ke dalam kain. Sehingga biaya produksi akan lebih mahal dibandingkan dengan teknik lainnya.

– Berlaku hanya untuk kemeja poliester dan warna terang

Satu-satunya bahan pembalut yang dapat digunakan untuk teknik sublimasi adalah poliester. Atau, bahan kaos dilapisi dengan bahan polimer agar sublimasi dapat berfungsi secara efektif. Jika Anda menggunakan teknik ini, kaos yang Anda cetak juga harus putih atau bening. Karena saat diaplikasikan pada kaos berwarna gelap, warna tintanya bisa “pudar” seperti warna kaos tersebut.